Kita akan minum ketika kita haus. Tapi jika kita minum terlalu banyak, hal itu juga tidak baik bagi kesehatan. Keadaan tersebut juga berlaku pada hewan. Banyak minum bisa disebabkan oleh keadaan eksternal ataupun internal. Jika temperatur udara terlalu panas, merpati akan cepat merasa haus sehingga menjadi banyak minum. Untuk menangani hal ini tidak terlalu sulit. Cukup sediakan air minum yang memadai atau letakkan pendingin udara di kandang sehingga suhu udara menjadi lebih sejuk. Hal yang lebih sulit ditangani yaitu jika yang terjadi adanya masalah internal pada merpati.

Merpati yang banyak minum atau diistilahkan polydipsia bisa disebabkan oleh banyak faktor. Masalah internal yang terjadi dalam tubuhnya bisa jadi merupakan infeksi penyakit. Hal tersebut bisa dicirikan ketika merpati yang terlalu banyak minum mengeluarkan kotoran yang encer, berwarna kehijauan, dan berbau tidak sedap. Bulunya juga terlihat kusam.  Penyakit yang menginfeksi bisa saja merupakan canker (tricommonas) yang diistilahkan dengan goham ataupun komplikasi dari “Adeno-Ecoli Syndrom”. Selain infeksi penyakit, hal lain yang dapat menyebabkan polydipsia yaitu keracunan zinc karena salah pemberian grit, keracunan disebabkan jamur atau bisa juga karena kekurangan vitamin A.

Penanganan masalah internal pada merpati yang mengalami polydipsia tergantung dari penyebabnya. Jika bingung apa penyebabnya, penanganan darurat bisa dengan menyingkirkan kemungkinan sumber penyakit. Biasanya higienitas yang buruk pada pakan dan minuman merupakan sumber bakteri dan jamur, jadi keduanya mesti dipastikan tertangani. Grit juga perlu diganti dengan kualitas yang lebih bagus sehingga lebih menjamin keamanannya. Pemberian larutan baking soda bisa menetralkan racun yang disebabkan bakteri, jamur atau logam berat. Takaran baking soda yang dipakai yaitu 5-10% dari seliter air, mudahnya ¼ sampai ½ sendok teh untuk seliter air. Untuk mengobati goham bisa diberikan metronidazole, untuk infeksi bakteri bisa diberikan antibakteri spektrum luas. Jangan lupa pemberian asupan tambahan vitamin A sehingga kebutuhan vitamin A nya terpenuhi.

Kondisi polydipsia bisa berlangsung lama, hingga sekitar 8 minggu. Semoga jika kita dengan penuh kesabaran melakukan penanganan yang tepat, kita dapat menyembuhkan merpati yang mengalami masalah ini. Demikian, salam!

 

Sumber :
www.merpati.org , en.wikipedia.org