Dikutip dari Inews.com, seekor burung merpati di Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah (Jateng) terjual dengan harga Rp1,5 miliar. Burung merpati ini bernama Jaguar. Mengapa bisa sampai terjual hingga 1,5 miliar? Burung merpati jaguar milik Muhammad Juned ini diketahui merupakan burung spesialis balapan kolong. Burung berusia 5 tahun ini sering memenangi kejuaraan dan beberapa kali mendapat hadiah mobil.  “Burung Jaguar dibeli oleh mas Ping Ping dari Jakarta seharga Rp 1,5 miliar. Karena burung ini punya kualitas, kualitasnya sudah sering podium, sering juara. Kalau juaranya saya lupa ya sering ikut lomba,” kata Juned, Minggu (26/9/2021). Burung merpati ini hasil penangkaran pemiliknya, Juned. Untuk bisa menjadi juara, merpati dirawat secara khusus oleh beberapa orang tenaga kerja.

Dikutip dari Kompas, Juned sebenarnya sangat berat menjual merpatinya, tetapi karena ingin membeli rumah dan memberikan semangat kepada para peternak merpati kolong, akhirnya ia menjualnya. “Terkadang orang hanya melihat saya yang sekarang. Tidak mau melihat perjuangan saya, bagaimana melatih mental merpati dan menjaga nutrisi,” ungkap Juned. Juned mengaku sudah menernak merpati selama 21 tahun. Saat ini masih ada 25 burung lagi yang sedang dilatih dan memiliki trah juara semua.

Dari video yang sempat viral diceritakan bahwa awalnya burung merpati Jaguar ditawar 500 juta oleh bos dari Jakarta bernama Ping Ping, tapi ditolak oleh Juned. Dua tahun kemudian burung ditawar lagi dengan harga 1 miliar dan masih ditolak oleh Juned. Setelah ditanyakan pas nya berapa, harga yang diberi 1,5 miliar langsung deal. Burung pun langsung diboyong oleh pemilik barunya, bos Ping Ping.

Sumber :
jateng.inews.id , regional.kompas.com