Burung merpati seperti yang kita ketahui adalah burung yang mempunyai kemampuan khusus untuk pulang ke rumahnya dan beberapa jenis merpati juga mempunyai kemampuan keket, giring yang bisa dimanfaatkan untuk dimainkan. Baik itu untuk merpati balap atau merpati tinggi.

Di beberapa daerah burung dara biasanya identik dengan dara goreng, sedangkan burung merpati identik dengan burung merpati balap, merpati tinggi, atau merpati hias. Nah lalu apakah ada perbedaan burung dara dan burung merpati?

Perbedaan Burung Dara dan Merpati

Beberapa diantara pada pemula yang bermain burung merpati khususnya yang masih muda biasanya menanyakan hal tersebut, yaitu apa perbedaan burung dara dan merpati?

Secara istilah kata burung dara cenderung digunakan untuk penyebutan pada burung keluarga columbidae yang berukuran kecil, tetapi penyebutan ini tidak konsisten sehinga sudah lumrah penyebutan keduanya dengan nama yang sama. Oleh karenanya burung dara dan burung merpati bagi istilah umum di masyarakat tidak ada bedanya.

Jadi burung dara dan merpati tidak ada bedanya, hanya saja perbedaan penyebutan kata dibeberapa daerah saja. Jadi dara dan merpati adalah hal yang sama dara adalah sinonim untuk merpati. Jadi jangan bingung lagi ya karena burung dara sama dengan burung merpati hanya beda kata saja.

sumber:hewanpeliharaan