Telur Burung Merpati atau Telur Burung Dara adalah jenis telur yang dihasilkan spesies burung dari family Columbidae. Makan telur burung merpati memang tidak lazim, kecuali kalau memang di rumah seseorang memelihara burung ini. Namun sebetulnya, jenis telur ini bisa saja dimakan. Apalagi manfaat telur merpati pun bagus sekali buat kesehatan dan kecantikan karena memiliki gizi yang melimpah.

Kandungan Gizi dan Nutrisi Telur Merpati :

Apa sajakah kandungan mineral dan vitamin penting yang ada di dalam telur burung merpati? Ternyata manfaat telur merpati yang melimpah terjadi karena telur ini mengandung banyak sekali komposisi gizi, di dalam 100 gram takaran sajinya mengandung:

• Energi: 730 kkal
• Protein: 13,5 gram
• Lemak: 10 gram
• Vitamin A: 400 IU
• Vitamin B1: 0,1 mg
• Vitamin B12: 0,3 mg
• Zat Besi: 1 mg
• Kalsium: 30 mg
• Fosfor: 70 mg
• Magnesium: 15 mg
• Natrium: 60 mg

Harga Telur Merpati :

Berapa harga telur burung merpati? Oleh karena jenis telur burung merpati ini tidak lazim dijual di toko sembako dan pasaran, maka harganya pun menjadi fluktuatif tergantung pada penjualnya. Berikut adalah kisaran rincian harganya:

• Harga Telur Merpati Satuan: Rp2.500/butir
• Harga Telur Burung Merpati Kiloan : Rp200.000 – Rp300.000/kg

Manfaat Telur Merpati untuk Kesehatan :

1. Mengatasi Kelelahan Akut

Jika sedang mengalami akut, misalnya dikarenakan sakit berkepanjangan. Atau habis melakukan aktivitas fisik yang berat. Maka coba saja sembuhkan kelelahan akut ini dengan makan telur merpati. Sebab, telur burung dara ini memang sangat bagus buat mengembalikan stamina yang meredup.

2. Menyembuhkan Mood Swing

Mood swing adalah sebuah gangguan di mana suasana hati terasa sangat kacau dan mudah berubah-ubah, antara sedih, senang, marah dan kecewa. Mood swing menjadi istilah yang akrab di kalangan penderita Bipolar Disorder. Mereka akan mengalami mood swing dalam beberapa fase episode depresi dan mania. Untuk menyembuhkan mood swing ini, cobalah buat makan telur merpati yang direbus.

3. Mengatasi Gangguan Paru-Paru

Gangguan paru-paru sangatlah fatal dampaknya bila tidak ditangani, sebab paru-paru merupakan organ vital. Jika memang memiliki gangguan ini, sebaiknya cobalah cara alternatif seperti makan telur merpati. Sebaiknya telur ini direbus saja untuk mengurangi penggunaan minyak goreng. Dan alangkah baiknya bila makan telurnya bersamaan dengan nasi, agar perut tidak dalam kondisi kosong.

4. Melancarkan BAB

Ternyata makan telur merpati juga ampuh sekali dalam melancarkan BAB. Cocok sekali dimakan mereka yang mengalami masalah sembelit. Memang selama ini burung merpati terkenal efektif dalam melancarkan pencernaan karena sifatnya yang akan mengelurkan minyak alami yang akan melumasi usus, agar feses menjadi mudah keluar. Manfaat ini amat mendukung program diet pula karena orang yang sedang diet haruslah selalu lancar pencernaannya.

5. Memperbaiki Metabolisme Tubuh yang Terganggu

Metabolisme tubuh yang terganggu akan menghambat pertumbuhan, sebab proses metabolisme inilah yang berperan penting dalam penyerapan gizi-gizi makanan. Orang yang metabolismenya terlalu cepat cenderung punya tubuh yang kurus, sebab seluruh zat-zat makanan akan terbakar habis, tidak ada yang disimpan dalam cadangan protein di otot. Begitupun yang terlalu lambat metabolismenya, jadi malah kegemukan. Makanya atasi segera masaah metabolisme ini dengan khasiat telur merpati ini.

Manfaat Telur Merpati untuk Kesehatan Lainnya :

6. Membantu proses sintesis DNA
7. Meregenerasi sel-sel
8. Melancarkan sistem peredaran darah
9. Mencegah kelumpuhan otot
10. Mengatasi gizi buruk
11. Menambah nafsu makan
12. Mengatasi hipotensi
13. Membantu tumbuh-kembang anak
14. Meningkatkan kecerdasan otak
15. Meningkatkan kadar HB

Cara Mengolah Telur Merpati untuk Kesehatan :

Biasanya orang akan memakan telur mentah sebagai jamu kesehatan. Namun untuk mengolah telur merpati disarankan buat direbus atau digoreng dulu untuk memastikan tidak mengandung bakteri. Silahkan kreasikan telur ini dengan resep andalan dan pastikan kurangi penggunaan minyak agar tidak menyebabkan kenaikan kolesterol.

sumber: khasiat.id