Merpati sakit kembung biasanya terjadi saat musim pancaroba, terlebih lagi jika musim panas ke musim hujan. Karena pada musim pancaroba ini terjadi perubahan lingkungan yang cukup drastis, suhu yang lembab dapat meningkatkan perkembangan bakteri di lingkungan kandang sehingga burung dengan imun yang sedang lemah biasanya akan terkena sakit kembung.

Merpati kembung ini merupakan istilah umum yang digunakan untuk menyebutkan kondisi burung merpati dengan tembolok yang membesar atau kembung. Walaupun sejatinya penyakit yang menyebabkan kembungnya ini bisa bermacam-macam seperti berak hijau, sour crop, berak kapur, dan jenis penyakit lainnya yang mengakibatkan tertutupnya saluran cerna yang menutup saluran tembolok dan ampela (gizzard).

Tertutupnya saluran ini merupakan mekanisme pertahanan dari burung merpati yang mana tubuh merpati mendeteksi adanya patogen dari bagian tembolok sehingga saluran dari tembolok menuju ampela diblok atau ditutup agar pantogen atau kuman tidak masuk ke dalam sistem pencernaan.

Tetapi mekanisme ini pun mempunyai efek samping yang mana mengakibatkan makanan atau minuman dari tembolok tidak dapat diproses dengan baik sehingga membuat burung merpati seperti kembung.

Cara Mengobati Merpati Kembung

Langkah pertama tentunya karantina burung yang sedang mengalami sakit agar tidak menyebar ke burung lainnya. Selanjutnya kita fokus lakukan pengobatan pada burung yang sedang sakit.

Ada beberapa metode untuk mengobati burung merpati yang mengalami gejala kembung, berikut diantaranya.

1. Kuras Tembolok

Kuras tembolok (reverse tubing /draining technique) adalah dengan mengeluarkan air atau makanan yang mengendap dalam tembolok merpati secara paksa. Teknik ini dilakukan pada saat burung mengalami tembolok yang tidak turun atau kembung yang cukup parah.

kuras tembolok merpati kembung

Biasanya banyak air dan makanan yang berada di tembolok tidak turun dalam waktu yang cukup lama. Sehingga burung memerlukan bantuan kuras tembolok untuk mengeluarkan makanan dan air yang mengendap pada tembolok agar tidak membusuk dan tidak memperparah kondisi burung yang sedang sakit. Cara ini juga menghindari burung agar tidak terkena infeksi sekunder dari penyakit lainnya.

Cara melakukan kuras tembolok adalah sebagai berikut :

  • siapkan air hangat yang dicampur dengan garam krosok atau garam yang tidak mengandung yodium
  • spet air hangat tadi pada burung sampai memenuhi tembolok dengan menggunakan suntikan bekas yang disambung dengan selang halus
  • setelah tembolok penuh posisikan burung menghadap ke bawah
  • lalu tekan dan remas tembolok agar air dan sisa makanan yang mengendap dapat keluar

tetapi jika tidak terlalu parah atau tembolok masih bisa turun cara ini bisa dilewati, skip saja.

2. Memberikan Antibiotik

Karena mayoritas penyebab dari gejala merpati kembung adalah bakteri jadi kita perlu memberikan antibiotik pada merpati. Beberapa jenis antibiotik yang disarankan adalah sebagai berikut (pilih salah satu saja) :

  • Prazone/antisnot dari All Star, satu kapsul per hari per burung
  • Therapy dari medion, 1 gram untuk 1 liter air
  • Baytril dari bayer, 1 sampai 2 tetes per hari per burung
  • Koleridin, 1 gram untuk 1 liter air (bubuk), setengah potong pagi setengah potong malam (tablet).
  • Neo Meditril, 2 sampai 3 tetes per hari per burung
  • Medoxy-LA, 0,1 sampai 0,15 suntikan pada intramuskular (serum suntik)
  • Trimezyn 0,25mg + Metronidazole 0,25mg, 2 jenis antibiotik digabung.

Pilih salah satu antibiotik di atas dan gunakan selama 3 sampai 5 hari sambil dipantau kondisinya jika sudah membaik maka hentikan pemberian antibiotik tersebut (maksimal satu minggu).

Khusus yang menggunakan Medoxy-LA cukup gunakan satu suntik untuk satu minggu tidak perlu diulang (disuntik ulang jika dalam 1 minggu masih sakit).

3. Berikan Pakan yang Halus

Dalam merawat burung merpati yang sedang sakit kembung disarankan tidak memberikan pakan yang keras yang sulit dicerna. Karena pakan yang sulit dicerna akan memberatkan kerja dari tembolok dan ampela.

Disarankan memberikan pakan yang lembut seperti pur ayam 591 atau dengan dispet bubur bayi. Rekomendasi saya dispet dengan bubur bayi rasa beras merah atau kacang hijau.

Pemberian pakannya pun tidak boleh banyak-banyak secukupnya saja hanya untuk mengganjal perut dan menambah nutrisi.

Nah itulah beberapa langkah untuk mengobati burung merpati kembung. Semoga cara di atas dapat membantu menyembuhkan burung merpati teman-teman yang sedang sakit. Cara di atas tentunya membutuhkan waktu untuk proses penyembuhan.

Sumber: duniahobi.org