Penanganan saat membeli merpati baru

Setiap pehobi merpati yang baru mulai menekuni merpati maupun yang sudah sangat lama menekuni pastilah ada merpati yang baru dibeli,bisa dikatakan tangan sedikit gatel kalau lagi jalan lalu ada penjual merpati di kios maupun di pinggir jalan sekalipun dan hal ini berlaku pada para pehobi pemula sampai pehobi profesional. Dalam pencarian merpati baru juga ada sedikit perbedaan yaitu pemula dan profesional.

PEMULA

Jika pehobi pemula saya cukup mencari merpati baru dari pasar atau bakulan dengan mengandalkan feeling (trik yang saya bisa) bukan melalui rabaan seperti pada umumnya (maklum saya tidak bisa meraba merpati..hehe) perhitungan membeli merpati bakulan hanya jika merpati yang dibeli ternyata tidak memuaskan tinggal dijual atau ditukar lagi dengan kerugian yang bisa dikatakan hanya kalah jagung.

PROFESIONAL

Pehobi profesional atau bos besar tidak sembarangan dan asal pilih dalam membeli merpati baru. Biasanya dengan memasang mata pemantau yang digaji hanya untuk mencari merpati berbakat di lain daerah, dan jika sudah ada pantauan maka biasanya sang big boss yang akan menegoisasi masalah harga.

Penanganan merpati yang baru tetaplah sama walaupun berbeda jenis golongan asal merpati itu dibeli, hal yang biasanya terjadi kesalahan fatal para pehobi pemula dalam membeli merpati baru dari lain daerah adalah saat merpati baru datang langsung dimainkan padahal perjalanan jauh habis ditempuh merpati saat proses pengiriman atau paket merpati minimal diberikan istirahat kurang lebih 3 hari sekaligus membiasakan diri atau beradaptasi dengan lingkungan baru. Hal ini sudah sering saya jumpai sendiri saat ada salah satu teman yang baru memulai membeli merpati dari luar Jakarta dan datang sekitar jam 4 pagi, namun sore hari sudah dimainkan di lapangan. Hampir semua pemain yang ada termasuk saya menyarankan agar merpati jangan dimainkan karena baru datang dan hal itu tidak digubris karena saat dilop kerja merpati memang istimewa, namun setelah 2 hari dimainkan di lapangan tiba-tiba hari ke tiga merpati staminanya drop lalu sakit dan akhirnya mati. Coba saja jika mau sedikit mendengarkan dan menelaah saran pasti hal demikian tidak akan terjadi, karena hal yang semestinya dilakukan jika membeli merpati baru yang berasal dari luar daerah kita tinggal adalah:

  • mandikan dengan air rebusan daun sirih (merebus kurang lebih sekitar 15 menit pada air mendidih)
  • istirahatkan merpati minimal 3 hari
  • pisahkan dengan merpati lama yang ada di kandang juga tempat makan dan minum (guna menghindari penyebaran penyakit jika merpati baru kurang beradaptasi lalu jatuh sakit)
  • memandikan 2 kali sehari pada pagi dan sore
  • menaruh pada kandang yang sedikit besar selama proses adaptasi agar merpati tidak stress

Jangan karena membeli merpati dari luar daerah lalu kita uji atau tes sendiri secara langsung saat merpati baru tiba hanya untuk membuktikan dengan omongan sang penjual (yang memberikan garansi uang kembali jika merpati tidak sesuai dengan ucapannya) karena penyesalan hanya terjadi di akhir. Jika kita membeli merpati baru lalu tidak sabar untuk menguji dan akhirnya stamina merpati drop bahkan sampai mati yang rugi tentu kita sendiri. Kesabaran adalah hal yang berguna dalam bermain merpati.

Sekian ulasan kali ini, semoga artikel bermanfat buat para pehobi.
Salam merpati lover's..

Sumber: bahasmerpati.blogspot.com