Saat musim hujan seperti ini, penyakit yang umum menjangkiti merpati adalah gangguan pernafasan seperti flu. Istilah penyakitnya adalah Chronic Respiratory Disease/CDR. Mengapa penyakit ini disebut penyakit kronis? Karena waktu penyakit ini menginfeksi badan merpati sampai muncul gejalanya membutuhkan waktu yang cukup lama.

Penyakit CRD disebabkan oleh bakteri M. gallisepticum. Bakteri ini sangat mudah berkembang biak pada saat musim hujan. Merpati yang sudah terinfeksi bakteri ini biasanya memiliki ciri-ciri sering bersin-bersin, lubang hidung atau pialnya selalu basah, begitu juga dengan sayapnya karena ia menggosok-gosokkan hidungnya yang basah ke sayapnya. Selain itu bulu di bagian kepala merpati akan berdiri. Merpati juga akan kehilangan nafsu makan jika penyakitnya sudah parah. Penyakit ini juga bisa disertai dengan infeksi penyakit lainnya seperti korisa atau berak hijau yang ditandai dengan kotoran merpati yang berlendir, berbau, dan berwarna kehijauan.

Usahakan untuk mengisolasi merpati yang terjangkit penyakit CRD dari merpati lainnya untuk mencegah penularan. Beberapa antibiotik yang disarankan untuk mengobati penyakit ini yaitu meditril, doxyvet, medoxy-l, dan trimezyn yang biasanya dapat diperoleh di toko pakan. Dosis pemberian terdapat di masing-masing kemasan obat. Silakan dipilih antibiotik mana yang cocok dan mudah diperoleh. Selain pemberian obat, jemur merpati agar tubuhnya tidak lembab. Lakukan langkah-langkah di atas selama 3-7 hari sampai merpati sembuh.

Terdapat obat tradisional/herbal yang juga bisa jadi alternatif lain pengobatan penyakit ini karena bahan-bahannya mudah diperoleh. Bahan-bahan yang diperlukan yaitu jahe, kencur, lada, dan sereh. Tidak perlu semua bahan diberikan, salah satunya juga tidak masalah yang penting bahannya bersifat menghangatkan. Cara meraciknya yaitu bersihkan dan potong-potong kecil semua bahan, taruh dalam gelas kemudian seduh dengan air mendidih. Tunggu hingga airnya dingin. Berikan ramuan herbal ini ke merpati dua kali sehari.

Tentu saja hal yang terbaik adalah mencegah penyakit ini menjangkiti peliharaan kita. Untuk itu, selama musim hujan keadaan kandang perlu lebih diperhatikan. Perhatikan selalu kebersihannya, begitu juga tempat pakan dan minumnya. Pastikan sirkulasi udara di dalam kandang dalam keadaan baik agar kandang tidak menjadi lembab. Sering-sering jemur merpati dan beri suplemen vitamin agar daya tahan tubuhnya kuat. Jangan lupa nutrisi pakannya harus tetap diperhatikan.

Itulah sekilas penjelasan tentang penyakit CRD, cara pengobatan dan pencegahannya. Semoga bisa menambah wawasan dan bermanfaat.

Sumber :
duniahobi.org