Sepuluh Fakta Menarik Tentang Merpati

Seperti dihimpun dari beberapa sumber, berikut adalah 10 fakta menarik tentang merpati yang mungkin belum kamu ketahui. Yuk disimak!

  1. Mereka dapat melewati tes cermin (tes yang dilakukan oleh ilmuan untuk menilai tingkat kecerdasan hewan) dimana merpati dapat mengenali diri sendiri, seperti halnya simpanse, lumba-lumba hidung botol dan gajah Asia. Mereka juga dappat mengenali huruf alphabet.
  2. Mereka adalah navigator yang handal. Mereka menggunakan bantuan matahari dan kompas magnetik bumi saat terbang. Studi dari Universitas Oxford menemukan bahwa mereka bisa mengenali jalan buatan manusia. Mereka juga menggunakan landmark jalan sebagai petunjuk. Selain itu, mereka bisa merubah arah pada persimpangan jalan.
  3. Merpati memiliki pendengaran yang sangat baik. Mereka dapat mendeteksi suara pada frekuensi yang jauh lebih rendah dibandingkan yang dapat didengar oleh manusia. Mereka dapat mendengar petir dan gunung meletus dari jarak yang sangat jauh sehingga mereka dulu diperbantukan untuk meramal cuaca dan mendeteksi kapan gunung akan meletus.
  4. Berabad-abad yang lalu, kotoran merpati adalah sesuatu yang sangat berharga. Kotoran merpati digunakan sebagai pupuk. Saking berharganya, bahkan pemilik merpati membayar penjaga untuk mencegah agar jangan sampai kotoran merpati milik mereka dicuri.
  5. Di tahun 1800-an, sebuah keluarga yang terkenal di Amerika, Rothschilds meraih banyak uang dengan menggunakan burung-burung merpati untuk berkomunikasi saat mereka bermain saham di Wallstreet, Bursa Saham Amerika.
  6. Merpati sangat baik menyembunyikan sarangnya. Tidak seperti burung lain, merpati tidak membuat sarang di pohon. Mereka membuat sarang di atap rumah, area terlindung di tengah kota, dan di bebatuan di daerah pedalaman. Mereka menggunakan ranting dan batang yang sebenarnya agak rapuh saat awal membangun sarang. Tetapi karena merpati cenderung menggunakan sarangnya terus menerus setelah berkali-kali bertelur di tempat yang sama, kotoran dari induk dan anak merpati membuat sarangnya menjadi lebih kokoh seiring waktu.
  7. Burung merpati liar yang biasa kita lihat di perkotaan nyatanya adalah keturunan dari ‘Rock Dove’ (Columba livia), spesies burung liar yang tinggal di lereng bebatuan di daerah pesisir.
  8. Merpati dapat bertambah berat dua kali lipat hanya dalam sehari di hari ia menetas, tapi butuh waktu tiga hari untuk jantungnya dapat mulai berdetak dan empat hari untuk matanya dapat mulai membuka. Butuh waktu dua bulan hingga merpati dapat bisa mulai terbang dan dapat meninggalkan sarangnya. Waktu ini cenderung lebih lama jika dibandingkan dengan spesies burung lainnya tetapi menjadikan tingkat keberhasilan hidupnya menjadi lebih tinggi.
  9. Beberapa orang terkenal di dunia merupakan pencinta burung merpati. Ratu Elizabeth diketahui memelihara burung merpati. Selain itu, Elvis Presley dikenal memiliki sisi sentimentil dengan burung merpati dan Mike Tyson adalah seorang pehobi yang antusias.
  10. Merpati dapat dilatih menjadi kru lifeguard di lautan. Sebuah tim peneliti angkatan laut Project Sea Hunt dari Amerika di tahun 1979 telah menemukan cara untuk melatih merpati menjadi lifeguard dengan melatih merpati untuk mengenali pelampung berwarna merah dan kuning di lautan.

Demikianlah 10 fakta menarik tentang merpati yang admin coba himpun dan infokan untuk kalian para pehobi merpati. Semoga sedikit info ini dapat menambah khanazah pengetahuan tentang seluk-beluk hewan kesayangan kita ini. Salam!

Sumber :
onekindplanet.org , pigeonpedia.com , www.pigeoncontrolresourcecentre.org