Brancah atau matang secara seksual pada burung merpati jantan adalah waktu ketika merpati siap untuk kawin. Biasanya merpati yang sudah brancah lebih gampang untuk dilatih, sehingga pehobi akan lebih suka jika burung merpatinya cepat brancah. Merpati brancah ditandai dengan sering mengeluarkan suara bekur yang lantang dan jelas, sering berputar-putar dan mengibaskan ekor saat menggoda betina.

Merpati yang mulai brancah biasanya akan mengalami perubahan hormon, terutama hormon pertumbuhan dan hormon seks. Biasanya merpati akan mulai mabung atau mengalami kerontokan pada bulunya dan digantikan dengan bulu dewasa. Tiap burung memiliki waktu brancah yang berbeda-beda tergantung genetik dan perawatannya. Burung yang genetiknya bagus dan perawatannya baik biasanya akan cepat brancah. Tidak semua merpati memiliki genetik yang bagus, untuk itu diperlukan perawatan khusus untuk membantu merangsang peningkatan hormon agar cepat brancah.

Beberapa tips yang dapat dilakukan untuk membantu merpati agar cepat brancah di antaranya :

  1. Rajin menjemur merpati

Penjemuran merpati disesuaikan dengan umurnya. Untuk usia 1-3 minggu, jemur selama 5-15 menit. Usia 3-4 minggu jemur sekitar 15-30 menit. Usia di atas 1 bulan bisa sampai 60 menit. Penjemuran ini dilakukan karena sinar matahari dapat mempengaruhi kerja kelenjar pineal. Kelenjar ini merupakan salah satu organ yang banyak mengatur hormon. Untuk itu, intensitas matahari yang cukup akan membantu kerja kelenjar pineal mengatur hormon sehingga akan mempercepat proses terjadinya brancah.

Perlu diperhatikan bahwa saat mabung sebaiknya penjemuran jangan dilakukan karena terlalu sering menjemur merpati akan mengakibatkan bulunya menjadi sulit copot. Cukup umbar saja agar burung tidak kaku dan lakukan penjemuran kembali saat proses mabung selesai.

  1. Pemberian lemak sehat

Lemak sehat yang baik untuk merpati di antaranya VCO, minyak zaitun, minyak alpukat, dan minyak ikan. Khusus untuk minyak ikan, pemberiannya harus diperhatikan karena merpati tidak bisa mencerna lemak hewani pada kadar yang terlalu tinggi. Salah satu produk suplemen yang mengandung lemak sehat adalah Provil yang bisa diperoleh di toko pakan. Pemberiannya bisa dengan takaran 2-3 tetes dan diberikan 2 kali seminggu.  Produk ini juga bisa dicampurkan ke dalam pakannya.

Selain pemberian suplemen, makanan yang banyak mengandung lemak sehat di antaranya kacang tanah, biji bunga matahari, hempseed, milet, dan lain sebagainya. Kita bisa mencampurkan biji-bijian ini ke dalam pakan atau memberikannya langsung sebagai cemilan.

  1. Pemberian vitamin E

Vitamin E dapat membantu mempercepat pematangan organ reproduksi sehingga merpati lebih cepat brancah/birahi. Banyak produk suplemen vitamin E yang bagus untuk burung merpati. Salah satu produk yang bagus adalah Vi Oilkarena mengandung lemak sehat dan 100% bersumber dari bahan alami.

  1. Menggunakan indukan yang sudah matang

Cara lain untuk mendapatkan merpati yang cepat brancah adalah dengan melihat indukannya. Indukan yang sudah matang secara reproduksi akan menghasilkan anakan dengan kualitas yang baik. Biasanya untuk merpati indukkan betina, umur yang cukup untuk bereproduksi adalah dua rampasan ke atas dan untuk merpati jantan adalah satu rampasan ke atas. Apa resikonya memilih indukan yang belum cukup umur? Indukan yang belum cukup umur kemungkinan besar akan menghasilkan anakan dengan beberapa kekurangan, entah fisik atau mentalnya, dan berdasarkan pengalaman, mereka juga menjadi lambat brancah.

  1. Kombinasi penjemuran dan pengguponan

Merpati yang sudah mulai mabung (lar 7-8) bisa mulai dibiasakan dengan perlakuan kombinasi penjemuran dan pengguponan. Tekniknya yaitu jemur merpati di pagi hari 10 sampai 60 menit tergantung kondisi kemudian masukkan kembali merpati tersebut ke dalam gupon. Saat sore hari, keluarkan kembali merpatinya sambil diumbar dan diberi makan sampai kenyang. Malam hari masukkan kembali ke dalam gupon dan biarkan sampai pagi. Lakukan teknik tersebut secara berulang sampai burung brancah. Teknik ini berguna mempercepat merpati brancah karena secara insting merpati dirangsang untuk merasa nyaman memiliki daerah kekuasaan sendiri sehingga lebih memunculkan sugesti untuk mencari pasangan. Selain itu, perpaduan gelap terang saat dijemur dan di gupon juga merangsang hormon dewasa.

Demikian beberapa tips yang dapat dicoba untuk membantu merpati menjadi cepat brancah. Semoga bermanfaat!

 

Sumber :
duniahobi.org