Ternyata susu tak hanya dihasilkan oleh hewan menyusui atau mamalia saja. Beberapa jenis burung juga menghasilkan susu dari temboloknya. Tembolok adalah kantong kecil di bagian kerongkongan burung untuk menyimpan makanan sebelum dicerna oleh perut. Namun tidak sembarang burung bisa menghasilkan 'susu'.

Hanya beberapa jenis burung seperti merpati, flamingo atau penguin jantan Kaisar saja yang bisa menghasilkan 'susu' yang dimuntahkan ke dalam mulut anak-anaknya. 'Susu' ini dihasilkan dari cairan sel yang melapisi tembolok dan penting untuk pertumbuhan dan perkembangan burung merpati muda karena kaya akan lemak dan protein.

Penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal BMC Genomics ini menunjukkan bahwa 'susu' merpati mengandung antioksidan dan meningkatkan protein kekebalan. Para peneliti dari CSIRO Livestock Industries dan Deakin University Australia membandingkan profil gen pada 4 merpati betina yang 'menyusui' dan 4 merpati betina yang 'tidak-menyusui'.

Gen dominan yang ada dalam burung merpati 'menyusui' adalah gen yang berperan juga untuk merangsang pertumbuhan sel, memproduksi antioksidan dan memperkuat sistem imun. Peneliti juga menemukan gen tersebut berkaitan dengan produksi trigliserida lemak yang menunjukkan bahwa lemak di 'susu' berasal dari hati merpati.

"Sangat memungkinkan jika antioksidan dan protein kekebalan terkandung juga dalam 'susu' merpati. Zat-zat tersebut secara langsung meningkatkan sistem kekebalan tubuh merpati serta melindungi jaringan tubuh merpati tua," kata penulis penelitian, Meagan Gillespie seperti dikutip dari ScienceDaily, Rabu (28/9/2011).

Penelitian ini memberikan pandangan singkat mengenai beberapa proses yang terjadi ketika 'susu' dalam tembolok merpati sudah terbentuk.

"Karena sifat 'susu' yang tidak biasa itu dijumpai pada burung merpati, maka menjadi menarik untuk menyelidiki perbedaan pada tahap awal serta perkembangan merpati dalam persiapannya untuk memproduksi 'susu'. Kami ingin lebih memastikan pola gen yang khas dari 'susu' merpati in," ujar Gillespie.

"Mekanisme ini adalah contoh menarik sistem evolusi untuk diperbandingkan dengan susu mamalia, karena 'susu' merpati memiliki fungsi yang serupa dengan susu mamalia," pungkas Gillespie.

Sumber: detikhealth