Biasanya pertanyaan ini akan ditanyakan oleh para pehobi pemula yang baru memelihara merpati. Untuk mengetahui kapan merpati dapat dijodohkan dapat diketahui dari umur dan berapa larnya. Penting untuk menjodohkan merpati karena sebelum merpati bisa dimainkan, merpati harus giring terlebih dahulu dan cara agar muncul giring pada merpati adalah dengan jalan dijodohkan. Bagi merpati yang sudah dewasa sangat mudah untuk menjodohkannya, kita tinggal menyatukan merpati jantan dan betina dalam satu kandang. Tapi, bagi merpati yang masih piyik, hal ini cukup sulit karena biasanya karakter piyikan itu masih galak karena belum terbiasa untuk kawin.

Mulai umur berapa merpati dapat dijodohkan?

Umumnya merpati akan siap untuk dijodohkan saat berumur 3,5 bulan sampai 4,5 bulan. Ada umur sekitar 3-4 bulan, merpati jantan akan brancah dan yang betina akan lenjeh.

Apa itu brancah? Brancah adalah perilaku merpati jantan saat mencari pasangan betina yaitu ketika merpati jantan keluar bunyi bekur sambil berusaha mendekati/memepet burung betina, mengitarinya, kemudian berusaha naik ke badan si betina dan mematuk-matuk kepalanya. Lenjeh yaitu perilaku merpati betina saat akan kawin, ditandai dengan keluarnya bunyi bekur kecil, mengangguk-angguk dan berjongkok siap untuk kawin.

Mulai lar berapa merpati dapat dijodohkan?

Hal ini berbeda untuk setiap merpati, tergantung bawaan dari setiap individu. Rata-rata, merpati siap untuk dijodohkan saat larnya sisa 5 sampai sisa 2. Tapi ada juga yang cepat, lar 9/8 sudah mau dijodohkan. Ada pula yang lambat, saat sudah rampas atau bahkan mau rampasan kedua tetap sulit untuk dijodohkan.

Apa ciri-Ciri merpati yang siap jodoh?

Merpati piyik jantan yang siap jodoh biasanya memiliki ciri-ciri bekurnya sudah jelas dan lantang dan tentunya rajin bekur. Ia akan bekur sambil mengitari si betina sambil mengibaskan ekornya untuk menggoda.

Merpati piyik betina yang siap jodoh biasanya memiliki ciri-ciri ia akan menerima saat merpati jantan berusaha memepet tubuhnya. Saat merpati jantan akan naik ke badannya, ia akan segera berjongkok. Ia juga akan mengeluarkan bunyi bekur sambil mengangguk-angguk.

Ciri lain dari merpati yang siap dijodohkan adalah terlihat dari bulunya. Bulu merpati yang siap kawin akan berubah dan sudah terlihat dewasa, bukan bulu piyik lagi (kiang). Ukuran tubuhnya juga akan lebih besar dibandingkan saat belum siap dijodohkan.

Itulah sekilas info mengenai kapan merpati siap untuk dijodoh dan bagaimana ciri-cirinya. Semoga dapat menambah wawasan kalian bagi pecinta burung merpati. Salam!

Sumber :
duniahobi.org